Prinsip-prinsip Komunikasi



PRINSIP 1
Komunikasi adalah proses simbolik
·         Salah saltu kebutuhan manisia adalah simbolisasi atau penggunaan lambang, itulah yangmembedakan manusia dengan makhluk lain.
·         Lambang atau symbol adalah sesuatu yang si gunakan untuk menunjuk sesuatu yang lain, berdasarkan kesepakatan sekelompok orang
·         Lambang meliputi kata kata ( pesan verbal ) , prilaku non verbal serta objeck yang maknanya di sepakati bersama, misalnya memasang bendera di depan rumah untuk menyatakan kehorrmatan atau kecintaan terhadap Negara.
·         Lambang adalah salah satu kategori tanda.
·         Hubgungan antara tanda dan objeck dapat juga di representasika oleh ikon da index, namun ikon dan index tidak perlu kesepakatan
·         Ikon adalah sutau benda fisik dua atau tiga dimensi yang menyerupai apa yang di representasikan.
·         Index adalah tanda yang secara alamiah merepresentasikan objeck lainya.
·         Lambang bersifat sembarang , mana suka, atau sewenang wenang.
·         Lambang pada dasarnya tidak mempunyai makna, kitalah yang memberimakna pada lambang
·         Lambang itu bervriasi dari suatu budaya ke buday alain dari suatu tempat ke tempat laindan dari suatu kontex ke kontex lain.

PRINSIP 2
Setiapprilakumempunyai potensi konumikasi
·         Tidak berarti bahawa semua ptilaku adalah komuniikasi.
·         Komunukasi dapat terjadi bila seseorang memberi makna pada prilaku orang lain atau prilakunya sendiri

PRINSIP 3
Komunikasi punya dimensi isi dan dimensi hubungan
·         Dimensi isi disandi secara verbal, sementara dimensi hubungan disandi secara nonverbal.
·         Dimensi isi menunjukan muatan isi komunikasi , yaitu apa yang dikatakan.
·         Sedangkan dimensi hubungan meunujukan bagaimana cara mengatakanya yang juga mengisyaratkan bagai mana hubungan para [eserta komunikasi itu , dan bagaimana seharusnya pesan itu di tafsirkan
PRINSIP 4
Komunikasi berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
·         Komunikasi dilakukan dalam berbagai tingkat kesekngajaan, dari komunikasi yang tidak sengaja sama sekali hingga komunikasi yang benar benar di rencanakann dan di sadari.
·         Kesengajaan bukanlah syrat untik terjadinya komunikasi.

PRINSIP 5
Komunikasi terjadi dalam kontex ruang dal waktu
·         Makna pesan juga tergantung pada kontex fisik dan ruang, waktu, sosial dan psikologi.
·         Waktu juga mempengaruhi makna terhadap suatu pesan.
·         Kehadiran orang lain, sebagai kontex sosial juga akan mempengaruhi orang orang yanag berkomunikasi.
·         Misalnya dua orang yang berkonflik akan merasa canggung ketika tidak ada orang si sekitartnya.

PRINSIP 6
Komnikasi melibatkan prediksi peserta komnunikasi
·         Ketika orang berkomunikasi, mereka meramalkan efek prilaku komunikasi mereka. Dengan kata lain, komunikasi juga terikat oleh aturan dan tatakrama. Artinya orang orang memilih strategi tertentu berdasarkan bagaimana orang yang menerima pesan akan merespon.
·         Prediksi ini tidak selalu terjadi, dan sering berlangsung cepat.

PRINSIP 7
Komunikasi bersifat sistemik
·         Setiap individu adalah suatu sisitem yang hidup.
·         Setidaknya ada dua system dasar beroprasi dalam transaksi komunikasi itu : system internal dan system external.;
·         System internal adalah seluruh system nilai yang dibawa oeh individu ketika ia berpartisipasi dalam komunikasi, yang ia serap selama ia bersosialisasinya dalam berbagai lingkungan sosialnya
·         Istilah lain yang identic denga system internal adalah kerangka rujukan, bidang pengalaman, struktur kognitid dan pola fikir.
·         Sistem internal ini mengandung semua unsur yang membentuk individu yang unik, termasuk ciri ciri kepribadianya, intelegensi, pendidikan, pengetahuan,agama, bahasa, motif keinginan,cita cita dan semua pengalaman masa lalunya, yang pada dasarnya tersembunyi.
·         System external terdiri das\ri unsur unsur yang berada di luar individu, termasuk kata kata yang ia pilih untuk berbicara, , isyarat fisik, kegaduhan sekitar, penataan ruangan, cahaya dan temperatur ruangan.

PRINSIP 8
Semalim mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiflah komunikasi
·         Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang hasilnya sesuai dengan harapan pesertanya.

PRINSIP 9
Komunikasi bersifat nonsekuensial
·         Sebenarnya komunikasi manusia dalam bentk dasarnya bersifat dua arah.
·         Komunikasi sirkuler ditandai dengan beberapa hal berikut :

PRINSIP 10
Komunikasi bersifat prosesual, dinamis dan transaksional
      Konsekuensi dari prinsip bahwa komunikasi adalah sebuah proses adalah     komunikasi itu dinamis dan transaksional.
                         Ada proses saling memberi dan menerima informasi diantara pihak-pihak yang    melakukan komunikasi.

PRINSIP 11: 
Komunikasi bersifat irreversible
                   Setiap orang yang melakukan proses komunikasi tidak dapat mengontrol sedemikian rupa terhadap efek yang ditimbulkan oleh pesan yang dikirimkan.
                          Komunikasi tidak dapat ditarik kembali, jika seseorang sudah berkata menyakiti orang lain, maka efek sakit hati tidak akan hilang begitu saja pada diri orang lain tersebut.

PRINSIP 12: 
Komunikasi bukan panesa untuk menyelesaikan berbagai masalah.
               Dalam arti bahwa komunikasi bukan satu-satunya obat mujarab yang dapat  digunakan untuk menyelesaikan masalah
                             Banyak persoalan dan konflik antar manusia disebabkan oleh masalah komunikasi. Namun komunikasi bukanlah panasea (obat mujrab) untuk menyelesaikan persoalan atau konflik itu, karena konflik atau  persoalan tersebut mungkin berkaitan dengan masalah  structural.


Komentar

Postingan Populer