Makalah Ringkasan Konsep Manusia


Azhar Ilham Haliwungan
ILMU KOMUNIKASI 2
KONSEP MANUSIA DALAM ISLAM
·         Jiwa sebagai esensi manusia mempunyai hubungan erat dengan badan. Hubungan tersebut diibaratkan seperti hubungan antara penunggang kuda dengan kudanya. Hubungan ini merupakan aktivitas, dalam arti bahwa yang memegang inisiatif ada;ah penunggang kuda bukan kudanya (Imam al-Ghazali)
·         Tujuan penciptaan manusia menurut Islam:
1.      Menyembah Allah swt.
2.      Menjadi khalifah di muka bumi dan tidak berbuat kerusakan.
3.      Menegakkan keadilan dimuka bumi.
4.      Mendapatkan ujian dunia untuk masa depan akhirat.
·         Hasil peneliti Alquran yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpuannya bahwa manusia terdiri dari unsur-unsur: jasad, ruh,  nafs, qalb, fikr, dan aqal.
·         1. Makna Kata An-Nas
Secara keseluruhan kata ini memiliki makna yang menunjukkan bahwasanya manusia merupakan makhluk sosial yang seringkali digambarkan dengan sekumpulan manusia (kelompok) yang suka melakukan mafsadah. Dalam Al Quran keterangan yang jelas menunjukkan pada jenis keturunan nabi Adam as. Jumlah kata An-Nas ada 241 dan tersebar dalam 55 surat.
·         2. Arti Kata Insan
Dalam Al Quran kata Insan disebutkan sebanyak 65 kali dan tersebar di 43 surat. KAta Insan berasal dari kata Al Uns. Jika kita artikan secara etimologis, arttinya adalah harmonis, lemah lembut, tampak atau pelupa. Kata insan digunakan dalam Al Quran untuk menunjuk kepada manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raganya.
·         3. Arti Kata Basyar
Ditinjau secara etimologi, kata basyar memiliki arti wajah, kulit kepala atau bagian tubuh yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Kata Basyar dalam Al quran disebutkan sebanyak 36 kali yang mana ayat tersebut tersebar di 26 surat.
Makna etimologis dapat dipahami bahwa manusia merupakan makhluk yang memiliki segala sifat kemanusiaan dan keterbatasan, seperti makan, minum kebahagiaan dan sebagainya.
Istilah manusia “Basyar” menunjukkan makna bahwa secara biologis yang mendominasi manusia adalah pada kulitnya. Pada aspek ini terlihat perbedaan umum biologis manusia dengan hewan yang lebih didominasi oleh bulu atau rambut.
·         4. Makna Kata Bani Adam
Bani Adam di sebutkan dalam Al Quran sebanyak 9 kali. Di antaranya pada surat Yasin ayat 60. Adam di dalam Al Quran mempunyai pengertian manusia dengan keturunannya yang mengandung pengertian basyar, insan dan an-nas.
Kata Bani Adam lebih ditekankan pada aspek amaliah manusia, sekaligus pemberi arah ke mana dan dalam bentuk apa aktivitas itu dilakukan.


Komentar

Postingan Populer