Worldview Islam


Teori Worldview Islam

Ketika Allah mengatakan bahwa Yahudi dan Nasrani (serta kelompok menyimpang lain) tidak rela hingga kaum Muslim mengikuti millah sesat mereka tersebut, maka yang disebut dengan millah adalah worldview itu sendiri.
·         Worldview adalah cara pandang yang secara sistemi berdampak terhadap seluruh kehidupan.
·         Worldview Islam adalah cara pandang yang mengandung struktur keyakinan, ritualitas, etika, hingga sistem poleksosbudhankamnya sendiri.
·         Seluruh bagian dari worldview Islamberikutu turunannya tersebut mengikuti kehendak Tuhan dan utusan-Nya yang tercantum dalam al-Qur’an dan sunnah.
·         Worldview Islam sangat berbeda dengan worldview lainnya. Elemen worldview Islam adalah Wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasulullah yang menjadi standar kebenaran dan menjadi aturan hidup manusia yang permanen.
·         Karakternya adalah orientasinya yang komprehensif tauhidi dalam memandang Tuhan, manusia, alam sekitar, dan akhirat. Keseluruhannya dibingkai dalam aturan syariah yang mengatur hubungan antara semua hal tersebut. Sehingga membuat ruang bagi manusia untuk memikirkan alam semesta lantas menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa menghilangkan jejak Tuhan dalam konsepsinya.
·         Lain dari itu, dengan hal tersebut telah banyak masalah sosial ekonomi yang bisa diselesaikan dengan sistem Islam yang komprehensif tersebut. Dan itulah yang terjadi, bahwa Islam – tanpa butuh sekularisasi – pernah menjadi peradaban yang unggul di masa lalu, tentunya saat segala aspek ke-Islaman tersebut dijalankan dengan kaaffah.
·         Worlview dibatasi oleh naral spekulatif manusiaserta dorongan rendahnya.
·         Maka dari itu rentan adanya benturan antar worldview.

1. KONSEP TUHAN
·         Konsep Tuhan merupakan konsep inti dari segala konsep karena keterkaitannta dengan aqidah.
·         Selain itu karena keyakinan akan Tuhan merupakan insting manusia yang paling dalam dan orisinil.
·         Perasaan lemah manusia dihadapan fenomena alam seperti gempa dan tsunami mendorong adanya keyakinan adanya zat yang maha kuasa atas segala sesuatu.
·         Zat itulah yang berhak untuk ditumpu dan disandarkan, itulah yang namanya Tuhan.

Pengertian Tuhan dan ketuhanan
Ø  Tuhan menurut KBBI: sesuatu yang diyakini, dipuja, dan disembah oleh manusia sebagai yang Mahakuasa, Mahaperkasa, dan sebagainya.
Ø  Bertuhan: percaya dan berbakti kepada Tuhan; beribadah: orang yang tidak ~ orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan atau memuja sesuatu sebagai Tuhan: janganlah kita ~ kepada berhala.
Ø  Ketuhanan: sifat keadaan Tuhan atausegala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan: hal-hal ~ yang berhubungan dengan Tuhan.
Ø  Ilah: segala sesuatu yang ddijadikan sesembahan benar maupun salah.(dalam hal penyambahan)
Ø  Rabb: memuat makna penciptaan, pemeliharaan, penjagaan, pengawasan.
Ø  Uluhiyyah: ketuhanan sebagai zat yang wajib disembah.
Ø  Rububiyyah: ketuhanan sebagai zat yang memelihara, menjaga, mengawasi, dan menciptakan.
Ø  Kedua-duanya memiliki keterikatan yang sangat kuat.
Wujud Tuhan
Ø  Wujud Tuhan merupakan wujud metafisika yang tak dapat  diketahui lewat indera atau eksperimen empiris.
Ø  Namun, itu bisa dibuktikan bahwa Ia ada; karena tidak semua yang tidak dapat didindera terbukti tiada.
Ø  Kaum Ateis atau Materialis atau Eksistensialis mengingkari adanya wujud Tuhan.
Ø  Menurut mereka terjadinya alam semesta tak ada yang menciptakan, namun senua itu tanpa klaim yang jelas.

Ø  Pada pembahasan para mutakallimun, wujud dibagi menjadi tiga;
1.      Wajib al-wujud.
2.      Mumkin al-wujud.
3.      Mustahil al-wujud.
Ø  Wujud juga dibagi menjadi dua;
1.      Wujud al-qaim bidzatihi.
2.      Wujud al-qaim bighairihi.
Ø  Al-Ghazali dalam Faisal al-tafriqah baina al-iman wa al-zindiqah membagi wujud kelima bagian;
1.      Wujud al-dzat.(terbentuk sendiri tanpa dzat lain)
2.      Wujud al-hiss. (dapat diindera)
3.      Wujud al-khayal. (tak ada dalam alam nyata)
4.      Wujud al-aql. (spiritual dalam pikiran)
5.      Wujud al-syibh. (serupa)
Ø  Para filsuf Yunani mempersepsikan Tuhan sebagai mind yang aktivitasnya memikirkan dirinya sendiri.
Ø  Mereka juga beranggapan bahwa Tuhan adalah wujud utama yang tak bias diganggu gugat, bahkan mereka berbendapat bahwa Tuhan tak mempunyai sifat karena sifat menggantung kepada ruang dan waktu.

2.KONSEP AGAMA
Ø Dua sumber manusia beragama;
1.      Perasaan lemah terhadap fenomena alam.
2.      Perasaan bahwa ada sumber dari segala kekuatan yang ada.
Ø  Secara etimologi: dari a dan gama yang diambil dari bahasa sansekerta berarti tidak rudak atau tidak kacau.
Ø  Religion is the set of beliefs, feelings, dogmas and practices that define the relations between human being and sacred or divinity. A given religion is defined by specific elements of a community of believers: dogmas, sacred books, rites, worship, sacrament, moral prescription, interdicts, organization. The majority of religions have developed starting from a revelation based on the exemplary history of a nation, of a prophet or a wise man who taught an ideal of life.
Ø  Secara terminologi
Dalam KBBI: ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannya.
Ø  Agama merupakan insting manusia yang paling dalam karena terkait dengan perasaan akan kelemahan manusia dan keyakinan adanya zat yang menyebabkan terjadinya alam semesta.
Ø  Karena itu agama menyangkut dua hal besar:
1.      Ketuhanan.
2.      Penyambahan dan ketundukan.
Ø  Kata-kata Madinah berarti tempat pertama kalinya agama diajarkan.
Ø  Din berarti hutang ibadah kepada Allah.

3.KONSEP WAHYU
Ø  Berarti suara cepat dan tersembunyi.
Ø  Secara singkat dapat diartikan dengan pemberitahuan kepada seseorangtanpa diketahui orang lain secara tersembunyi dan cepat.
Ø  Wahyu bersifat sadar.
Ø  Sedangkan ilham tidak sadar
Ø  Secara istilah, berarti pemberitahuan Allah kepada seseorang dari hambanya untuk diberikan hidayah dengan cara memilihnya(ishthafahu) dengan cepat, tepat dan dalam keadaan sadar.
Ø  Wahyu menolong manusia untuk mengetahui dan mempercayai kehidupan di akhirat serta menolong akal dalam mengatur masyarakat atas dasar prinsip-prinsip umum yang dibawanya.
Ø  Proses pemwahyuan dibagi dua:
1.      Pernyataan Allah kepada malaikat lalu malaikat turun ke bumi menyampaikannya secara identik perkata.
2.      Melalui pernyataan makna.

4. KONSEP KENABIAN
Ø  Nabi dari kata nabaa yang berarti berita.
Ø  Berita: Khabar.
Basyir dan nadzir.
Ø  Nabi diberi kelebihan berupa mukjizat.
Ø  Mukjizat adalah erkara di luar dari kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian, kerasulan dan keabsahan risalahnya.
Ø  Nabi secara umum adalah nabi diartikan sebagai orang yang mendapatkan wahyu dari Allah swt. Tapi tidak mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya.
Ø  Sedangkan rasul diartikan sebagai orang yang mendapatkan wahyu dari Allah swt. Dan mempunyai kewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.
Ø  Rasul memiliki kewajiban yaitu tabligh.
Ø  Rasul ma’shum dari aib aqidah dan syariah.

5.KONSEP ALAM
Ø  Manusia tidak dapat menciptakan sesuatu namun manusia hanya mengubah satu materi ke materi lain.
Ø  Kenapa ada alam?
Itu karena imbas dari sifat Allah yang menciptakan.
Ø  Sunnatullah: kalau ada alam harus ada pengurusnya. Pengurusnya yaitu Allah.
Ø  Konklusinya:
1.      Alam semesta ada tidak dengan sendirinya, atau secara kebetulan. Melainkan ada penciptanya yaitu Allah.
2.      Alam semesta ada, itu adalah tanda keagungan dan kebesaran Allah.

6.KONSEP TASKHIR
Ø  Kerapian alam semesta yang demikian mengagumkan ini, menunjukkan bahwa segala sesuatu di alam ini telah Allah tundukkan, “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang” (Al-Mulk:3)
Ø  Al-Qur’an menyebut taskhir 16 kali.
Ø  Makhluk diciptakan bukan menandingi kedahsyatan Tuhannya, karena semua itu atas karunianya.
Ø  Manusia tidak dapat mengubah hokum Allah namun dapat memanfaatkannya.
Ø  Allah menundukkan alam untuk manusia, contohnya sapi yang ada di kandang.

7.KONSEP HARI AKHIR
Ø  Hari akhir merupakan rahasia langit. Tak seorang pun yang mengetahui kapan hari yang dinantikan itu akan terjadi. Hanya Allah yang mengetahuinya.

8.KONSEP MANUSIA
Ø  Tujuan penciptaan manusia adalah untuk penyembahan Allah. Pengertian penyembahan kepada Allah tidak boleh diartikan secara sempit, dengan hanya membayangkan aspek ritual yang tercermin salam solat saja. Penyembahan berarti ketundukan manusia pada hukum Allah dalam menjalankan kehidupan di muka bumi, baik ibadah ritual yang menyangkut hubungan vertical (manusia dengan Tuhan) maupun ibadah sosial yang menyangkut horizontal ( manusia dengan alam semesta dan manusia).
Ø  Pengertian manusia:
1.      Insan: jinak harmonic dan tampak/ nasiya: melupakan sesuatu.
2.      Basyar: kulit luar manusia, yang menandakan bahwa seluruh manusia sama.
Ø  Tiga unsur manusia:
1.      Jasmani
2.      Ruh
3.      Nafs
Ø  Manusia termasuk hayawaniyyah namun memiliki akal.

9.KONSEP KEBEBASAN MANUSIA
Ø  Kebebasan manusia berhubungan iman kepada qadha dan qadr.
Ø  Menurut Hamka manusia tidaklah bebas di dunia ini.
Ø  Rancangan manusia itu hanya bagian kecil saja dari rancangan-rancangan yang besar.
Ø  Ketidakbebasan juga terdapat pada alam yang semuanya telah diatur sedimikian rupa.
Ø  Bagaimana manusia yang kecil ini akan mendakwa kebebasannya.
Ø  Seperti maut dan rezeki, semuanya bersifat tidak bebas.
Ø  Manusia berada antara dua posisi, pertama, yang ia tidak punya kuasa atasnya. Kedua, punya kuasa dengan pertimbangan akalnya antara mengerjakan atau meninggalkannya.

10.KONSEP KEBAHAGIAAN
Ø  Tujuan manusia beribadah adalah untuk bahagia.
Ø  Kebahagiaan manusia:
1.      Jasmani/ materi
2.      Rohani
Ø  Kebahagian bukan terletak pada pemenuhan materi.
Ø  Kebahagian tumbuh:
1.      Ketenangan.
2.      Ilmu.
3.      Adab.
4.      Hikmah.
Ø  Saadah lawanyya saqowah.

Komentar

Postingan Populer